Rabu, 15 Agustus 2012

 
California, AS - Apple dan Microsoft rupanya punya perjanjian rahasia. Yaitu mereka tidak akan menggugat satu sama lain terkait paten smartphone. Hal itu terungkap dalam dengar pendapat di pengadilan California dalam kasus Apple melawan Samsung.

Boris Teskler selaku Apple Patent Chief mengatakan bahwa Apple dan Microsoft menjalin lisensi silang teknologi mereka. Namun Apple memberlakukan syarat 'anti kloning' agar Windows Phone besutan Microsoft tidak meniru iPhone.

Sistem operasi Windows Phone pun didesain Microsoft berbeda dari iOS. Teskler menyatakan Apple sudah coba mendekati Samsung untuk melakukan kesepakatan yang sama pada tahun 2010, namun negosiasi mereka gagal.

Teskler menjelaskan bahwa Apple memang menawarkan beberapa paten untuk dilisensi. Namun khusus paten terkait desain iPhone dan iPad dilindungi secara ketat agar tidak ditiru pihak lain. Karenanya, Apple pun menggugat Samsung yang beberapa produknya dinilai meniru.

Seperti dikutip detikINET dari Telegraph, Rabu (15/8/2012), Apple menuding bahwa seperempat hasil penjualan smartphone dan tablet Samsung di Amerika Serikat senilai USD 30,4 miliar diperoleh dari pemasaran perangkat yang meniru iPhone dan iPad.

Setelah Apple mengajukan bukti-bukti dan saksi terkait untuk mendukung gugatannya, kini giliran Samsung melakukan hal yang sama. Keputusan pengadilan di AS dalam kasus Apple melawan Samsung ini dinilai akan cukup krusial dalam menentukan arah industri perangkat mobile masa depan.

0 komentar:

My Art

Diberdayakan oleh Blogger.

FOLLOW US

TKJ Next Generation © 2013 Supported by Bayzster Templates and Bayzster Art